Categories
Tekno

Langka Karena Diburu Penambang Bitcoin

Memang benar apa yang tertulis dalam judul di atas. Graphics card yang satu ini memang sempat meng- hilang dan susah untuk dicari. Hal itu dikarenakan AMD Radeon R9-270X banyak diburu oleh para penambang Bitcoin karena konon memiliki performa yang sangat baik untuk menghasilkan pundi-pundi Bitcoin. Begitu juga di Indonesia, Radeon R9-270X adalah salah satu produk yang susah untuk ditemukan.

Berbeda dengan di Amerika Serikat, kelangkaan di Indonesia bukan dikarenakan perburuan para pe nambang Bitcoin, tetapi lebih dikarenakan jumlah barang yang masuk ke Indonesia tidak sebanyak biasanya. Bahkan, kali ini hanya bisa mendapatkan empat produk Radeon R9- 270X untuk diikutsertakan dalam tes perbandingan. Beberapa distributor mengatakan bahwa Radeon R9-270X mereka sudah habis terjual karena memang graphics card ini sudah beberapa bulan yang lalu diluncurkan dan banyak diminati.

Meski demikian, tetap menguji empat varian Radeon R9- 270X yang masuk untuk mengetahui siapa yang terbaik di kelasnya. Keempat produk yang diuji adalah ASUS Radeon R9-270X DirectCU II, GIGABYTE GV-R927XOC-2GD, MSI R9-270X Gaming 2G, dan SAPPHIRE R9-270X TOXIC. Sebagai pembanding performa, CHIP menyandingkan dua graphics card Radeon lainnya dan hanya digunakan sebagai referensi performa saja, yaitu GIGABYTE GV-R726XWF2-2GD dan MSI R9-270 GAMING.

ASUS R9-270X DirectCU II TOP 2GB

Produk pertama yang masuk dalam daftar tes perbandingan kali ini adalah ASUS R9-270X DirectCU II TOP 2 GB. Graphics card yang satu ini sudah pernah diuji sebelumnya. Namun karena perubahan testbed yang CHIP gunakan, produk yang satu ini harus diuji ulang agar tidak terjadi anomali pada hasil tes perbandingan. Sesuai dengan penamaannya, ASUS R9-270X DirectCU II TOP 2GB menggunakan sistem pendingin DirectCU II khas dari ASUS. Dua buah kipas yang digunakan dalam sistem pendingin DirectCUII ini mampu membuang panas dengan baik.

Panas maksimal yang dihasikan dari graphics card ini adalah 67 derajat celcius. Spesifikasi ASUS R9-270X DirectCU II OC memiliki clock GPU dan clock memori yang sama persis dengan MSI R9-270X GAMING 2G. Namun pada pengujian gaming terdapat perbedaan beberapa FPS yang tidak terlalu berpengaruh. Meskipun demikian, ASUS R9-270X DirectCU II OC masih memiliki potensi peningkatan performa melalui overclocking yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan ASUS GPU Tweak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *