Categories
Rumah

Bikin Mebel dari Peti Kemas

Kecintaannya pada lingkungan membuatnya prihatin jika melihat barang tak terpakai terbuang begitu saja. Barang-barang itu akan menggunung, dan menjadi masalah baru; penumpukan sampah. Alasan inilah yang membuat Didi Diarsa, memutuskan untuk membuat beragam furnitur dari barang bekas. Kayu bekas peti kemas, ranting pohon, botol, stik golf dan barang yang sudah tak terpakai lainnya, disulap oleh tangan kreatif Didi. Hasilnya, kursi, meja, rak buku, coffee table, white board, kitchen set, dan lampu hias begitu apik.

Tak nampak seperti barang bekas atau recycle. Dengan memanfaatkan kayu bekas peti kemas, ia menghasilkan mebel-mebel berstandar internasional yang ramah lingkungan. Sang pemilik merek dagang Furniture Aktif ini mulai menggunakan bahan baku kayu bekas peti kemas sejak 2006. Ia memberi sentuhan pernis mengilap karena tekstur kayu jati belanda yang dipakai sebagai bahan dasar sudah memiliki daya jual tinggi. Ia pun menjajal bisnis ini dengan membuat peralatan sekolah seperti bangku dan kursi untuk kebutuhannya mengajar.

Tak disangka, banyak rekan guru yang tertarik dengan desain unik Didi. Didi pun menangkap peluang untuk membuka bisnis furnitur sekolah. Awalnya, hanya satu klien sekolah yang memesan kepadanya, lama-lama jumlahnya menjadi ratusan. Sekolahsekolah itu tidak hanya berasal dari Jabodetabek, namun tersebar di wilayah lain, seperti Bandung, Yogyakarta, Padang, hingga Lampung. Sebagian besar sekolah yang menjadi klien tetap Didi adalah sekolah swasta bertaraf internasional.

Selain harga yang murah, produk Didi juga dinilai mempunyai nilai desain unik dan modern. Misalnya, meja setengah lingkaran dengan kursi-kursi yang mengelilinginya. Meja bentuk ini sangatlah cocok sekali untuk digunakan di sekolah TK dan SD yang memakai sistem belajar yang sangat aktif. “Prinsipnya, produk yang saya buat sangatlah mendukung proses belajar agar menjadi lebih efektif dan efesien serta menyenangkan untuk semua murid tentunya,” kata Didi. Desain Didi membuatnya menjadi seorang Finalis Asia Europe Classroom Award 2004. Tak hanya itu saja, Didi juga menjadi Finalis untuk International Young Creative Entrepreneur 2009 yang diadakan oleh British Council.

Sedangkan untuk permasalahan listrik di rumah agar tetap bisa menikmati kenyamanan di rumah , perlu adanya sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Merk genset yang terbaik saat ini adalah Yanmar, dan untuk mendapatkan Harga genset Yanmar Silent yang murah bisa menghubungi Distributor jual genset 1000 kva di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *